Energi Potensial-Kimia dan Energi Kinetik Pada Tubuh Manusia

Energy dalam bentuk apakah yang dapat kamu temukan dalam tubuh manusia? Dengan tangan kananmu, pegang dan rasakan bahu kirimu. Saat melakukan gerakan sederhana, kamu terlihat dalam pengubahan energy potensial kimia yang tersimpan dalam tubuhmu menjadi energy kinetic berupa gerakan tanganmu saat melakukan usaha. Apakah bahumu terasa hangat oleh tanganmu? Sebagian energy potensial yang tersimpan dalam tubuhmu digunakan untuk menjaga suhu dalam tubuh konstan. Sebagian energy juga diubah menjadi panas yang terbuang ke lingkungan sekitar. Walaupun istirahat, orang dalam gambar. Memerlukan pengubahan energy.

Proses kimia dan fisika yang kompleks juga tunduk terhadap hokum-hukum fisika, termasuk hokum kekekalan energy. Energy yang tersimpan dalam tubuhmu (misalnya berupa lemak) berkurang ketika usaha yang dilakukan atau panas terbuang dari tubuhmu ke lingkungan sekitarmu. Untuk menjaga berat badan yang sehat, kamu harus menyeimbangkan antara energy yang diperoleh dengan energy yang dikeluarkan dari tubuhmu sebagai usaha atau panas.

Makanan – Energi Potensial Kimia Kita

Apakah yang kamu makan untuk sarapan pagi ini? Tubuhmu sibuk mengubah secara kimia makananmu menjadi molekul-molekul berekasi dengan oksigen dan digunakan sebagai bahan bakar. Walaupun kamu tidak sarapan pagi, tubuhmu mengubah energy yang tersimpan dalam lemak untuk kebutuhan mendadak sampai kamu makan lagi. Kamu mungkin akrab dengan kalori makanan, yaitu satuan yang digunakan ahli nutrisi untuk mengukur berapa banyak energy yang kita dapatkan dari makanan tertentu. Satu kalori sama dengan satu kilo kalori atau sekitar 4180 joule. Setiap gram lemak yang dikonsumsi seseorang menyediakan energy 9 kalori. Karbohidrat dan protein masing-masing menyediakan energy sekitar 4 kalori per gram.

Mengapa tubuhmu memerlukan sumber energy? Makanan menyediakan bahan bakar yang digunakan untuk menjaga suhu tubuh agar konstan, untuk membantu organ-organ tubuh, dan melakukan usaha saat kamu menggerakkan tubuhmu

tabel disamping menunjukkan banyaknya energy yang digunakan dalam melakukan berbagai aktivitas. Energy yang diperlukan masing-masing orang bergantung pada berbagai factor seperti ukuran tubuh, usia, jenis kelamin, factor keturunan, dan tingkat aktivitas sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: