Hukum III Newton

menyelamgambar 1.6

Kalian praktekkan memukul tembok. Kira- kira Apa yang kalian rasakan? Iya, benar tangan kita akan terasa sakit. Hal ini terjadi sebagai reaksi dari gaya yang kamu keluarkan untuk memukul tembok sehingga tembok mengerjakan gaya yang sama besar pada tanganmu. Semakin keras kamu memukul tembok, tanganmu akan terasa semakin sakit. Hal ini dijelaskan Newton dalam Hukum III Newton yang dinyatakan sebagai berikut:

“Jika kamu memberikan gaya pada suatu benda (gaya aksi), kamu akan mendapatkan gaya yang sama besar, tetapi arahnya berlawanan (gaya reaksi) dengan gaya yang kamu berikan.”

Secara matematis, Hukum III Newton dinyatakan sebagai berikut yaitu:

Faksi = –Freaksi

Contoh penerapan Hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan pada Gambar 1.6. Kaki dan tangan penyelam mendorong air ke belakang (gaya aksi) sehingga badan penyelam terdorong ke depan sebagai gaya reaksi.

 Selain itu, contoh penerapan hUkum III Newton dalam kehidupan sehari- hari yaitu saat bermain bola basket. Saat bermain bola basket, maka pemain bola basket akan melakukan kegiatan mendribel bola. Pada saat mendribel bola inilah terjadi penerapan hokum III Newton, yang mana bola diberi gaya (dipantulkan ke lantai) akan mendapatkan gaya tolak sama besar dari lantai dengan arah yang berlawanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: