G. Rangkuman

  1. Bernapas adalah kegiatan menggerakkan dada untuk memasukkan udara (oksigen) ke dalam paru-paru dan mengeluarkan udara (karbon dioksida) dari dalam paru-paru ke lingkungan luar.
  2. Respirasi adalah suatu rangkaian reaksi kimia yang terjadi didalam sel-sel tubuh yang menggunakan oksigen dan glukosa untuk kemudian diubah menjadi energi, dengan air dan karbon dioksida sebagai hasil sampingannya.
  3. Menghirup napas berfungsi memasukkan oksigen ke dalam tubuh untuk proses respirasi sel. Sedang mengeluarkan napas berfungsi mengeluarkan zat sisa (karbon dioksida) hasil respirasi sel dari dalam tubuh.
  4. Organ-organ yang terlibat dalam sistem pernapasan manusia yakni rongga hidung, faring, laring (kotak suara), trakea, bronkus, paru-paru, dan alveolus.
  5. Jalur masuknya udara kedalam paru-paru adalah sebagai berikut: rongga hidung –> faring –> laring –> trakea –> bronkus –> paru-paru –> bronkiolus –> alveolus.
  6. Pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida terjadi di alveoli. Proses pertukaran gas dari kapuler ke alveoli ini disebut difusi.
  7. Jenis pernapasan manusia ada dua, yakni pernapasan dada dan pernapasan perut. Pernapasan dada melibatkan otot antar tulang rusuk sedang pernapasan perut melibatkan aktivitas otot-otot diafragma.
  8. Masuknya udara kedalam paru-paru diakibatkan karena adanya perbedaan tekanan udara antara lingkungan luar dengan tekanan udara didalam paru-paru. Udara (gas) mengalir dari tempat bertekanan lebih tinggi ke tempat bertekanan lebih rendah.
  9. Ketika tekanan dalam paru-paru lebih kecil daripada tekanan di lingkungan luar, maka udara akan terhisap masuk ke dalam paru-paru. Sebaliknya, ketika tekanan dalam paru-paru lebih besar daripada lingkungan luar, maka udara akan terdorong keluar dari paru-paru.
  10. Volume udara dalam paru-paru dan kecepatan pertukaran udara saat inspirasi dan ekspirasi dapat diukur dengan menggunakan spirometer.
  11. Volume udara dalam paru-paru manusia dibedakan menjadi empat macam, yakni volume tidal, volume cadangan inspirasi (volume komplementer), volume cadangan ekspirasi (volume suplementer), serta volume residual.
  12. Kapasitas udara dalam paru-paru manusia dibedakan menjadi tiga macam, yakni kapasitas residual fungsional, kapasitas inspirasi, serta kapasitas vital.
  13. Molekul adalah suatu kumpulan yang terdiri dari sedikitnya dua atom dalam susunan tertentu yang terikat bersama oleh gaya-gaya kimia (ikatan kimia).
  14. Molekul unsur adalah kumpulan atom-atom yang berasal dari unsur yang sama. Contoh molekul unsur yakni oksigen (H2), nitrogen (N2), Ozon (O3), dll.
  15. Molekul senyawa adalah kumpulan atom-atom yang berasal dari dua atau lebih unsur.  Contoh molekul senyawa yakni air (H2O), karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), dll.
  16. Persamaan reaksi kimia dari pernapasan dapat dituliskan sebagai berikut:persamaan kimia
  17. Penyakit dan kelainan yang dapat terjadi dalam sistem pernapasan diantaranya adalah infeksi pernapasan (flu), bronkitis, emfisema, kanker paru-paru, serta asthma.

<<Sebelumnya                                                                                                     Selanjutnya>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: