Rahasia dibalik Pernapasan

gambar prolog

Selamat datang di sesi: “Rahasia dibalik Pernapasan”!


Tahukah kamu bahwa jika kamu tidak bernapas selama 4 menit, maka sel-sel otakmu akan rusak dan menyebabkan kematian lebih dari 6 menit? Apa saja organ-organ tubuh yang kamu gunakan untuk bernapas? Apakah hubungan konsep tekanan dengan pernapasanmu?  Apa sebenarnya yang kamu hirup dan kamu hembuskan selama bernapas? Semua itu akan kamu temukan jawabannya disini. Selamat belajar!🙂

Nah, sebelum kamu masuk lebih jauh kedalam materi ada baiknya terlebih dahulu kamu ketahui apa yang menjadi target pembelajaranmu kali ini. Hal ini penting untuk kamu ketahui dalam rangka mempersiapkan diri lebih matang dan menemukan titik-titik penting sehingga memudahkanmu dalam proses pembelajaran. Pemetaan analisis kompetensi dasar untuk materi Rahasia dibalik pernapasan ini dapat kamu lihat disini.

Dengan mendapatkan materi ini, kalian diharapkan dapat:lung animation

  1. Mendefinisikan bernapas baik dengan bahasa sederhana maupun dalam bahasa sains
  2. Mengetahui organ-organ pernapasan pada manusia
  3. Menjelaskan mekanisme pernapasan dan hubungannya dengan konsep tekanan
  4. Membedakan molekul unsur dan senyawa
  5. Mengetahui molekul unsur dan senyawa dalam reaksi kimia pernapasan

Sekarang kalian sudah mendapat gambaran tentang apa yang akan kalian pelajari pada bagian ini bukan? Untuk lebih jelasnya, perhatikan peta konsep berikut ini!

Bernapas merupakan salah satu hal paling esensial dalam kehidupan manusia. Manusia menarik napas sebanyak kurang lebih 17.000 tarikan napas per harinya. Bernapas merupakan cara tubuh manusia mendapatkan oksigen sebagai bahan utama dalam respirasi sel, dimana respirasi sel ini kemudian akan menghasilkan energi dalam bentuk ATP yang dapat  dipergunakan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas. Nah, sampai disini, dapatkah kamu mendefinisikan bernapas dengan bahasa mu sendiri?

Secara sederhana, bernapas merupakan kegiatan memasukkan udara kedalam tubuh, dan menghembuskannya kembali keluar tubuh. Secara sains, bernapas berarti memasukkan oksigen ke dalam tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida.

imagesDapatkah kamu bayangkan seorang astronot berjalan di Bulan tanpa baju ruang angkasanya, atau penyelam menjelajahi lautan tanpa peralatan selam? Tentu saja tidak. Mereka tidak mampu melakukan hal tersebut dikarenakan manusia perlu menghirup udara.

Kita sering bingung dalam membedakan istilah pernapasan dan respirasi. Mari kita bahas satu per satu. Pertama bernapas. Bernapas adalah gerakan dada memasukkan udara ke dalam paru-paru dan mengeluarkan gas sisa. Udara yang masuk ke dalam paru-paru ini mengandung oksigen. Udara masuk ke dalam sistem peredaran darah melalui paru-paru karena oksigen dalam sel darah lebih sedikit ketika ia memasuki paru-paru daripada di dalam sel paru-paru.

Darah membawa glukosa yang berasal dari hasil pencernaan makanan, serta oksigen untuk dibagikan ke sel-sel tubuh. Didalam sel, glukosa dan oksigen merupakan bahan mentah untuk melakukan suatu rangkaian reaksi kimia yang disebut respirasi sel. Tanpa oksigen respirasi sel tidak dalam terjadi. Respirasi sel menghasilkan energi yang berasal dari glukosa, serta air dan karbon dioksida sebagai hasil sampingan. Darah membawa hasil dari respirasi sel tersebut kembali ke paru-paru. Mengeluarkan napas berfungsi membuang karbon dioksida dan beberapa molekul air tersebut ke udara luar dari dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya, kamu akan memperlajarinya didalam subbab berikutnya.

bernapas

Gambar: Beberapa proses yang terlibat dalam tubuh ketika mendapatkan, mentransportasikan, serta menggunakan oksigen. 

 

Selanjutnya>>

______________________

Sumber materi :
National Geographic. 2008. Science: Level Green. Columbus USA: Glencoe/McGraw-Hill Companies, Inc.

Sumber gambar:
http://www.cix.co.uk/~argus/Dreambio/breathing%20and%20exercise.htm
http://tangleuponmyhead.blogspot.com/2011_05_01_archive.html
National Geographic. 2008. Science: Level Green. Columbus USA: Glencoe/McGraw-Hill Companies, Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: