F. Penyakit Pernapasan

Picture1

Komik strip diatas hanya sekadar intermezzo saja. Namun demikian, bahasan kita kali ini akan berhubungan dekat dengan isu utama cerita pada komik strip diatas. Benar, rokok. Kamu tentu sudah sangat sering mendengar larangan merokok. Selain boros, merokok sangat berbahaya bagi kesehatan kita dan orang-orang disekitar kita. Asap rokok merusak banyak bagian tubuh kita, terutama organ-organ pernapasan.
Woman breaking cigarettes in half while looking at no smoking signMerokok merupakan penyebab utama dari sekian banyak penyakit atau kelainan yang terjadi pada sistem pernapasan. Banyak penyakit serius yang terjadi berhubungan dengan kebiasaan merokok seseorang. Zat kimia dalam tembakau, yakni nikotin dan tar, merupakan racun dan dapat merusak sel-sel tubuh manusia. Suhu yang tinggi, asap, serta karbon monoksida yang dihasilkan ketika tembakau dibakar juga mampu melukai sel-sel tubuh perokok. Meskipun kamu bukan perokok, akan tetapi jika kamu ikut menghirup asap tembakau dari perokok disekitarmu (disebut perokok pasif) juga tidak sehat dan berpotensi terkena kerusakan sistem respirasi. Merokok, pencemaran udara, debu batu bara, dan asbes berhubungan dengan masalah-masalah kesehatan pernapasan seperti asthma, bronkitis, emfisema, dan kanker paru-paru.

gambar sign

1)      Infeksi pernapasan

pilekBakteri, virus, serta mikro-organisme lainnya dapat menyebabkan infeksi pada berbagai organ pernapasan. Pilek/flu biasanya mempengaruhi bagian-bagian atas dari sistem respirasi; dari hidung hingga ke laring. Virus flu juga dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan pada laring, trakea, serta bronki. Silia yang berada disepanjang trakea dan bronki juga berpotensi rusak. Hanya saja, silia biasanya sembuh dengan cepat.

Penyebab-Bronkitis2)      Bronkitis kronis

Ketika pipa bronki mengalami iritasi dan membengkak serta lendir yang diproduksi terlalu banyak, maka akan terjadi penyakit yang disebut bronkitis. Kebanyakan penyakit ini akan sembuh dalam waktu beberapa minggu, namun terkadang juga memakan waktu yang sangat lama. Bronkitis yang berlangsung dalam waktu lama disebut bronkitis kronis.

3)      Emfisema

Emfisema adalah penyakit dimana alveoli dalam paru-paru membesar. Ketika sel-sel dalam alveoli memerah dan membengkak, maka suatu enzim dikeluarkan menyebabkan dinding alveoli pecah. Hasilnya, alveoli tidak bisa mendorong udara keluar dari paru-paru sehingga lebih sedikit oksigen yang bergerak masuk kedalam aliran dara dari alveoli. Ketika jumlah oksigen dalam darah menjadi rendah dan karbon dioksida tinggi, maka terjadi pemendekan napas.
bronkitis dan emfisema

Nah, kamu ingin tahu bagaimana rokok dapat menyebabkan emfisema pada paru-paru manusia? Tonton video berikut ini!

4)      Kanker paru-paru

Ada banyak macam penyakit kanker, kanker kulit, kanker otak, kanker payudara, kanker paru-paru, dll. Kanker paru-paru merupakan salah satu penyebab utama di Amerika Serikat terkait kematian yang disebabkan oleh kanker. Tar yang terkandung dalam asap rokok merupakan penyebab utama kanker paru-paru. Tar dan zat-zat lain yang ditemukan dalam asap rokok bersifat karsinogenik, yakni zat yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel tidak terkontrol. Jika pertumbuhan sel tidak terkontrol ini terjadi didalam paru-paru, maka disebut kanker paru-paru. Kanker paru-paru tidak mudah untuk dideteksi pada level awal. Merokok juga berhubungan dengan perkembangan kanker mulut, esofagus, laring, pancreas, ginjal, serta kanker kandung kemih.

5)      Asthma

asma2(1)Napas yang pendek, mendesah, atau batuk merupakan beberapa ciri orang yang terkena penyakit asthma. Ketika seseorang terkena asthma, pipa-pipa bronkus akan berkontraksi dengan cepat. Menghirup obat yang dapat membuat pipa bronkus relaks adalah perlakuan yang biasa dilakukan pada orang yang terkena asthma. Asthma bisa disebabkan sebagai reaksi alergi terhadap sesuatu. Reaksi akergi terjadi ketika tubuh bereaksi berlebihan terhadap suatu zat asing. Serangan asthma bisa jadi disebabkkan menghirup zat-zat tertentu seperti asap rokok atau serbuk tumbuhan tertentu, memakan makanan tertentu, atau stress.

<<Sebelumnya                                                                                    Selanjutnya>>

________________

Sumber Materi:
National Geographic. 2008. Science: Level Green. Columbus USA: Glencoe/McGraw-Hill Companies, Inc.

Sumber Gambar:
http://kerok-espada.blogspot.com/2012/07/merokok.html
http://griyasehatcantik.wordpress.com/2011/11/14/alasan-tepat-berhenti-merokok/ http://rahasiasains.blogspot.com/2011/03/uniknya-pilek.html
http://caramengobatipenyakit.biz/tag/pengertian-bronkitis/
http://nursingbegin.com/tag/emfisema/ (edited)
http://pengobatan.aurainsani.com/2010/08/jurus-ampuh-mengobati-asma.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: