Gaya dan Kerja Otot

Slide1Slide2

A.   PENGERTIAN GAYA

Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yang dikerahkan sebuah benda terhadap benda lain. Kadang kadang, akibat suatu gaya tampak demikian jelas, seperti saat sebuah mobil sedang melaju dan menabrak sebatang pohon. Akan tetapi, akibat gaya-gaya lain tidak sejelas pohon yang ditabrak itu. Gaya dapat kita bedakan menjadi dua, yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. sebelum masuk ke materi perhatikan video .

1. Gaya Sentuh

Seseorang yang sedang mengangkat barbel berarti memberikan gaya pada barbel. Orang tersebut memberikan gaya dengan kontak langsung dengan barbel. Gaya inilah yang dikenal dengan gaya sentuh. Gaya sentuh adalah gaya yang bekerja pada benda akibat adanya sentuhan. Contoh gaya sentuh antara lain gaya otot dan gaya gesek. Adapun penerapan gaya sentuh dalam kehidupan sehari- hari misalnya yaitu ketika ibu menjinjing belanjaan dari pasar, ayah mendorong mobil saat macet, pemain basket yang sedang mendribel bola basket, dan lainnya.

Saat mendribel bola basket terjadi kerja otot secara sinergis yaitu di tulang telapak tangan dan kerja otot secara antagonis yaitu pada bagian lengan atas dan lengan bawah (otot trisep dan otot bisep)

Gerak-Sinergis-pada-otot-pronator Gerak-Antagonis-pada-lengan

2. Gaya tak Sentuh

Perhatikan gambar 1.2 di samping! Sebatang magnet dapat menarik besi dengan mudah tanpa perlu disentuhkan pada besi. Gaya yang dimiliki magnet merupakan contoh gaya tak sentuh. Jadi gaya tak sentuhadalah gaya yang bekerja pada benda tanpa adanya sentuhan dengan benda tersebut. Contoh gaya tak sentuh antara lain gaya gravitasi bumi dan gaya listrik

B. PENGARUH GAYA TERHADAP SUATU BENDA

 angkat besi22 balap Mobil

Dari ketiga gambar di atas, kalian dapat mengamati bahwa mobil dapat bergerak karena menerima gaya dari dorongan mesin mobil. Besi dapat terangkat karena mendapat dorongan dari tangan manusia seperti halnya gambar tersebut, dan bola basket pada gambar tersebut dapat bergerak karena mendapat tarikan atau dorongan dari tangan manusia. Dari contoh-contoh tersebut, dapat kita ketahui beberapa pengaruh gaya pada benda antara lain sebagai berikut:

a. Menyebabkan perubahan kecepatan gerak benda

b. Menyebabkan benda diam menjadi bergerak dan sebaliknya

c. Mengubah arah gerak benda

d. Mengubah bentuk suatu benda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: