B. Organ Pernapasan

Organ Pernapasan

Gambar : Organ-organ yang terlibat dalam proses pernapasan (Hewitt, dkk. 2007: 458)

Sistem respirasi tersusun atas organ-organ yang membantu oksigen untuk masuk kedalam tubuh, dan mengeluarkan gas sisa pembakaran dari dalam tubuh. Udara masuk kedalam tubuh melalui dua pintu masuk atau lubang hidung yang disebut nostril. Udara juga bisa masuk kedalam tubuh melalui mulut. Udara yang masuk melalui hidung ini mengalami proses pembersihan oleh rambut/bulu hidung, yang kemudian dibasahi dan dihangatkan oleh lendir yang diproduksi oleh kelenjar yang terdapat disepanjang rongga hidung. Setelah itu,  udara kemudian dibersihkan ulang oleh silia (struktur kecil menyerupai rambut)  dari lendir dan partikel tersisa, sekaligus memerangkap material tersebut dibelakang tenggorokan agar dapat tertelan nantinya. Selain lubang hidung, rambut/bulu hidung, kelenjar lendir, serta silia, ada beberapa organ lainnya yang ikut berperan dalam proses pernapasan ini, seperti dijelaskan berikut ini.

1)      Faring

pharynx

Faring merupakan suatu jalur berbentuk menyerupai pipa yang berfungsi sebagai tempat masuknya makanan, minuman, maupun udara. Diujung faring terdapat epiglotis. Ketika kamu menelan sesuatu, epiglotismu akan melipat kebawah, menggerakkan makanan ataupun minuman untuk masuk kedalam esofagus, bukan ke jalan udara. Nah, menurutmu apa yang terjadi ketika kamu tersedak?

2)       Laring dan Trakea

laring_trakeaLaring merupakan saluran udara tempat melekatnya pita suara. Laring terdiri atas dua pasang jaringan yang terlipat secara horizontal. Pita suara menghasilkan suara dengan cara menekan udara di antara pita suara tersebut sehingga  pita suara bergetar dan menghasilkan suara. Ketika kamu berbicara, otot-otot pita suara menegang dan mengendor, menghasilkan suara yang berbeda. Otak kamu mengkoordinasikan gerakan otot-otot di tenggorokan, lidah, pipi, dan bibir ketika kamu berbicara, bernyanyi, atau hanya membuat kebisingan. Gigi juga terlibat dalam pembentukan suara huruf dan kata-kata.

Nah, setelah melewati laring, udara kemudian bergerak pindah ke trakea. Trakea tersusun atas tulang-tulang rawan kuat berbentuk C. Trakea yang dilapisi oleh membran (lapisan) berlendir dan silia.

3)      Bronkus dan Paru-paru

bronkiolusBronkus atau bronki (jamak) berada diujung bawah dari trakea, berbentuk dua pipa pendek yang bercabang; satu cabang menuju ke paru-paru sebelah kanan dan yang lainnya ke paru-paru sebelah kiri. Didalam paru-paru, bronkus membentuk cabang-cabang lainnya membentuk pipa-pipa yang lebih kecil. Pipa terkecil ini kemudian disebut bronkiolus. Diujung masing-masing bronkiolus terdapat segerombolan kantong-kantong kecil berdinding tipis yang disebut alveoli (jamak) (tunggal: alveolus). Paru-paru merupakan kumpulan dari alveoli yang bergerombol berbentuk menyerupai anggur. Alveoli ini diselubungi oleh kapiler-kapiler yang membentuk seperti jaring-jaring.

paruParu-paru ada dua  terletak disebelah kanan dan kiri. Paru-paru merupakan alat pernapasan utama dan mengisi rongga dada. Di tengah-tengah paru-paru dipisahkan oleh jantung beserta pembuluh darah besarnya dan struktur lainnya. Paru-paru berbentuk kerucut. Pangkalnya duduk diatas landai rongga toraks, di atas diafragma. Paru-paru mempunyai permukaan luar yang menyentuh iga-iga, permukaan dalam yang memuat tampuk paru-paru, sisi belakang yang menyentuh tulang belakang, serta sisi depan yang menutupi sebagian sisi depan jantung. Paru-paru sebelah kanan memiliki ukuran lebih besar daripada paru-paru sebelah kiri dikarenakan sebagian ruang untuk paru-paru sebelah kiri diambil oleh jantung. Di dalam air, paru-paru akan mengapung karena udara yang terkandung didalamnya.

<<Sebelumnya                                                                                                        Selanjutnya>>

_______________

Sumber materi:
National Geographic. 2008. Science: Level Green. Columbus USA: Glencoe/McGraw-Hill Companies, Inc.
Pearce, Evelyn C. 2009. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia.

Sumber Gambar:
Hewitt, Paul G., Suzanne Lyons, John Suchoki, dan Jennifer Yeh. 2007. Conceptual Integrated Science. San Francisco: Pearson Education Inc.
http://www.daviddarling.info/encyclopedia/P/pharynx.html
http://bio8f.wordpress.com/2010/04/06/sistem-pernapasan-pada-manusia/
http://biologiisfun.blogspot.com/2010/09/sistem-respirasi-pada-manusia.html
http://paru-paru.com/pengertian-paru-paru-manusia/
http://biosejati.wordpress.com/2012/08/29/organ-organ-pernapasan-pada-manusia/ (edited)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: