Hukum 1 Newton

balap MobilGambar 1. Balap Mobil

Berdasarkan hukum I Newton, setiap benda akan selalu mempertahankan kedudukannya. Inilah sebabnya sulit mengendalikan mobil yang melaju dengan kencang (mencegah tabrakan). Seperti kencangnya mobil-mobil balap seperti gambar 1.

Bunyi hukum I Newton

“Suatu benda tetap berada dalam keadaan diam atau bergerak dengan kecepatan tetap jika tidak ada gaya luar yang bekerja padanya”
Pada Hukum 1 Newton, tidak ada gaya luar yang bekerja, berarti resultan gaya sama dengan nol atau bisa juga di sebut dengan hukum Inersia (Kelembaman).
Dengan kata lain kelembaman adalah kecenderungan sebuah benda untuk mempertahankan geraknya. Kalian dapat membayangkan hal ini sebagai sifat “malas” sebuah benda. Jika sebuah benda sedang bergerak, benda itu akan terus bergerak dengan kelajuan dan arah yang sama kecuali ada gaya-gaya tak setimbang yang bekerja pada benda itu. Dengan kata lain kecepatan benda tersebut tetap, kecuali ada suatu gaya yang mengubah kecepatan benda itu. Jika sebuah benda diam, maka benda tersebut cenderung tetap diam. Kecepatannya tetap nol kecuali ada gaya yang menyebabkan benda itu bergerak. Secara matematis dituliskan sebagai berikut:

Hukum I Newton ===> ∑F = O untuk benda diam atau benda bergerak lurus
beraturan
Hukum I Newton juga menggambarkan bahwa suatu benda akan cenderung mempertahankan keadaan diam atau keadaan bergeraknya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan
Supaya Kalian lebih jelas lagi tentang hukum 1 Newton,maka diskusikan LKPD 2, sesuai dengan petunjuk dan arahan guru.

Selamat Berdiskusi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: